Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cepat

Posted on

Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok – Banyak opini menyampaikan jika rambut merupakan mahkota wanita. Kenapa? Karena lewat rambut, seseorang wanita bisa tampak menarik ataukah tidak. Tidak cuma wanita, lelaki akan terlihat lebih menarik bila rambut mereka tertangani serta indah dilihat.

Hal itu bisa terhalang karena banyak pemicu, diantaranya adalah rontok. Rontok merupakan kondisi dimana helaian rambut lepas dari akarnya dalam jumlahnya yang melewati normal. Normalnya,   100 helai rambut akan lepas dari akar sehari-harinya.

Rambut rontok berlangsung sebenarnya  bergantung pada type rambut, umur, serta siklus perkembangan rambut tiap-tiap orang. Sebetulnya, Perkembangan rambut dibagi dalam tiga bagian yakni perkembangan, istirahat, serta kerontokan. Sesudah step kerontokan, jadi rambut akan tumbuh kembali.

Kerontokan rambut banyak dihadapi orang-orang  yang berumur seputar 50 tahun ke atas. Pada pria kerontokan rambut biasanya tinggalkan ruang botak pada atas kepala serta umumnya lebih tampak jelas dibanding kerontokan yang dihadapi oleh beberapa wanita.

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum mengetahui cara mengatasi rambut rontok. Kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membuat rambut rontok:

1. Depresi atau Stress

depresi

Banyak orang mengalami stress atau depresi karena hal-hal tertentu. Di samping itu, efek samping dari depresi atau stress ialah kerontokan rambut secara berlebihan. Hal tersebut karena adanya  suatu gangguan ketika sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang  kehilangan rambut sampai 70%.

Rambut rontok juga dapat terjadi beberapa waktu setelah peristiwa stres, misalnya, kematian dalam keluarga atau melahirkan ( Penelitian di American Osteopathic College of Dermatology). Namun, setelah itu biasanya kerontokan akan mulai berkurang.

Namun ada situasi lain penyebab kerontokan karena stress yaitu di mana kondisi kondisi rontok ini banyak berkaitan dengan stres fisik dan emosional yang menyebabkan sejumlah besar bagian rambut yang sedang tumbuh mengalami fase stagnan. Hal tersebut dapat menyebabkan rambut yang stagnan tadi akan berhenti bertumbuh dan akan dengan mudah rontok saat kamu menyisir atau mencucinya.

2. Bahan-bahan kimia untuk rambut dan pengering rambut

cat rambut

Bahan kimia yang menyentuh rambut dan akar rambut seperti cat rambut, smoothing, rebonding, dan lain-lain juga dapat menyebabkan kerontokan. Pewarna rambut dapat membuat folikel rambut rusak bahkan dapat membuat rambut berhenti bertumbuh, terutama ketika pengguna mengubah warna rambut secara terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup sering dan singkat.

Bahan kimia lainnya yaitu shampoo. Penggunaan shampoo secara terus menerus mungkin tidak menimbulkan masalah dalam kerontokan rambut. Namun ketika penggunaan shampoo secara bergantian dalam jangka waktu yang lumayan singkat akan membuat rambut mengalami rontok dan juga ketombe.

Penyebab lain yang dapat membuat  rambut rontok ialah penggunaan pengering rambut (Hairdryer) yang terlalu sering digunakan. Hal ini bisa menyebabkan rambut rontok karena rambut akan semakin kering dan mudah patah.

3. Hormon dan makanan

Ada kalanya hormon dapat mengganggu pertumbuhan rambut bahkan membuat rambut menjadi rontok dengan jumlah melebihi normal. Salah satu hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik.

Hormon ini merupakan penyebab kebotakan yang paling banyak terjadi sebesar 70% pada pria dan 40% pada wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

cara menghilangkan komedo gorengan

Hal lain yang membuat rambut rontok adalah makanan. Makanan yang kurang sehat dapat menyebabkan rambut akan rontok secara berlebihan. Contoh makanan yang dapat menyebabkan rontok ialah makanan yang mengandung banyak gula, hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan rambut.

Selanjutnya ialah gorengan. Lemak jenuh pada gorengan juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang itulah yang menjadi penyebab rambut rontok.

Selanjutnya ikan yang mengandug bahan merkuri. Menurut hasil penelitian dermatalogi asal Los Angeles mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang banyak juga merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah kerontokan pada rambut. karena beberapa ikan mengandung kadar merkuri yang cukup tinggi dan hal itu yang dapat mengakibatkan rambut Anda menjadi rontok.

4. Kebersihan rambut dan ikatan rambut

Kebersihan rambut dan ikatan rambut

Penyebab rambut rontok juga bisa dari tidak menjaga kebersihan rambut dengan baik. Rambut yang sering terkena debu, polusi akan kotor dan kotoran pada rambut juga akan menjadi permasalahan pada rambut.

Oleh karena itu jika malas untuk mencuci rambut maka akan ada banyak kotoran yang menumpuk sehingga menjadi penyebab rambut rontok.  Selain itu pula terlalu sering mencuci rambut pun tidak baik. Oleh karena itu bagusnya mencuci rambut di lakukan pada saat setiap dua hari sekali.

Hal lain yang dapat membuat rambut rontok ialah paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit kepala, hal ini menyebabkan menurunnya kesehatan pada rambut kita dan mengakibat berkurangnya keratin rambut. Keratin merupakan protein yang berada di rambut, kuku dan gigi pada manusia. Fungsi keratin untuk rambut adalah untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

Selanjutnya ialah terlalu kencang dalam mengikat rambut dapat mengakibatkan rambut tidak dapat bernafas dan tertarik sehingga menyebabkan kerontokan.

5. Penyakit dan keturunan genetik

Penyakit dan keturunan genetik

Hal lain yang dapat menyebabkan rambut rontok ialah penyakit. Salah satu tanda-tanda penyakit datang ialah melalui kerontokan rambut. Tanda-tanda penyakit melalui kerontokan rambut ialah penyakit kronis, bisa diabetes, lupus, tifus dan lain-lain. Sakit atau konsumsi obat-obatan tertentu tersebut harus berlalu lebih dahulu, baru rambut rontok dapat diatasi secara berangsur-angsur.

Hal lain ialah faktor genetik atau faktor keturunan. Hal ini tak dapat dihindari bila anda memiliki keturunan rambut rontok, namun hal tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Hal yang paling sering menyebabkan rambut rontok dari penjelasan di atas ialah depresi dan seringnya menganti-ganti shampo dalam waktu singkat. Penggantian shampo secara terus-menerus akan merusak rambut karena rambut membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan shampo tersebut.

Setelah penjelasan mengenai penyebab rambut rontok secara berlebih, ada beberapa cara mencegah rambut rontok dan juga merawat agar rambut rontok tidak terjadi lagi. Apa sajakah cara mengatasi rambut rontok tersebut? Berikut ulasannya.

1. Asupan Zat besi

daging sapi

Kurangnya zat  besi juga bisa menyebabkan rambut rontok. Tidak mempunyai zat besi yang cukup maka tingkat feritin (molekul yang menyimpan zat besi dalam tubuh dan melepaskan dengan cara yang terkontrol) akan turun. Hal tersebut  akan mengganggu siklus pertumbuhan rambut normal dan meningkatkan rambut rontok.

Untuk membantu cara mengatasi rambut rontok Anda, ada baiknya mengkonsumsi makanan kaya zat besi, seperti daging merah, sayuran hijau tua, kacang-kacangan serta buah-buahan.

2. Masker Rambut

masker pisang

Bukan hanya kulit muka yang membutuhkan masker, rambut pun membutuhkan masker. Dari masker, rambut menerima nutrisi rambut dan juga vitamin agar rambut tetap sehat. Masker yang biasa digunakan untuk creambath ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan beberapa jenis buah seperti pisang, alpukat, semangka dan melon.

Membuat masker dari beberapa macam buah, cukup ampuh dalam mengatasi rambut rontok. Cara membuat masker rambut ini sangat mudah. Blender sampai halus ke-3 macam buah tersebut lalu tambahkan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai merata. Setelah itu oleskan ke seluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Sebagai informasi, buah alpukat dan yoghurt berkhasiat sebagai pelembab untuk rambut. Sedangkan buah pisang, semangka dan melon bisa membuat rambut kamu menjadi lebih berkilau dan sehat.

3. Minyak Zaitun dan Minyak Kemiri dan bahan lainnya

Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Kutil

Bahan lain yang dapat mencegah serta mengatasi rambut rontok ialah kemiri dan zaitun. Biji kemiri mengandung 60-66% minyak. Minyak inilah yang dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok pada jaman dahulu hingga sekarang. Minyak kemiri dapat dibeli di toko-toko sekitar obat herbal terdekat.

Untuk penggunaannya tidak sulit cukup menuangkan beberapa tetes minyak kemiri ke telapak tangan, selanjutnya usapkan kepada seluruh rambut hingga akar rambut secara merata. Diamkan sekitar 1-2 jam sambil memberikan pijatan secara perlahan di kulit kepala. Setelah itu, bersihkan rambut (keramas) hingga bersih dengan shampo anti rambut rontok.

Kita semua tahu, olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dimanfaatkan khasiatnya. Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun ialah dengan menuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan lalu oleskan minyak tersebut minimal 30 menit sebelum keramas.

Setelah mengoleskannya, kita dapat memijat kulit kepala selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampo hingga bersih.

Bahan lain yang dapat digunakan untuk cara mengatasi rambut rontok ialah bawang merah, bawang putih, santan dan lidah buaya. Cara penggunaan bawang merah atau bawang putih adalah dengan cara menghaluskan bahan tersebut lalu meneteskan beberapa minyak zaitun lalu mengusapnya pada bagian kulit kepala selama 30 menit sebelum keramas.

4. Pola makan dan gaya hidup sehat

Tak dapat dipungkiri, pola makan teratur serta gaya hidup sehat juga dapat mencegah kerontokan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Pola makan sehat ialah sarapan, makan siang dan makan malam. Masing-masing dari waktu-waktu tersebut, Anda juga perlu berolahraga yang cukup dan memakan makanan yang cukup akan kandungan protein.

5. Menjaga kesehatan rambut

Apa itu menjaga kesehatan rambut? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, akibat rambut rontok ialah karena kurangnya nutrisi rambut, tidak menjaga kesehatan rambut serta cara yang salah dalam penggunaan shampo, cara keramas dan lain-lain. Hal penting yang harus diingat ialah, kurangi pengikatan rambut dalam waktu yang lama, usahakan rambut diikat tidak lebih dari 3 jam.

Selanjutnya, Batasi intensitas keramas maksimal 1x sehari. Sebab keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami rambut. Hilangnya minyak rambut akan mengakibatkan rambut kering dan mudah patah, hal ini juga dapat menyebabkan akar rambut tidak kuat lagi. Selanjutnya jangan membilas rambut dengan air panas, menggunakan pengering rambut, dan penggunaan obat kimia berbahaya lainnya.

Ingin tahu cara mengatasi rambut rontok secara alami?

Sekian beberapa ulasan mengenai penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Jika Anda memiliki cara mengatasi rambut rontok lainnya yang sudah terbukti ampuh, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *