10 Tips Melembutkan Rambut yang Kaku untuk Pria dan Wanita

10 Tips Melembutkan Rambut yang Kaku – Apa Anda mempunyai type rambut yang kaku, susah diatur, serta merasa kasar? Tenang saja, Anda bukan hanya satu, kok. Banyak pria ataupun wanita yang alami permasalahan rambut semacam ini. Tetapi, umumnya semakin banyak lagi pria yang merasakannya karena rambut pria lebih tebal helaiannya dibanding rambut wanita.

Tetapi, tidak ada permasalahan yang tidak dapat diatasi, karena kesempatan ini Bacaterus ingin share panduan dan cara melemaskan rambut yang kaku. Dengan teratur mengaplikasikan selangkah ini, rambut Anda bisa saja lemas serta lembut. Ingin tahu bagaimana triknya? Baca penuturannya sampai akhir, ya!

10 Cara Melemaskan Rambut yang Kaku

1. Pilih Sampo yang Tepat

Pilih Sampo yang Tepat

Langkah pertama dalam cara melemaskan rambut yang kaku adalah dengan mengganti sampo Anda. Jika sampo kesayangan Anda selama ini malah membuat rambut jadi kaku, mungkin saja sebenarnya Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Makanya, setiap kali Anda mencoba sampo, lebih baik beli botol ukuran kecil atau kemasan sachet-nya terlebih dahulu. Kalau cocok, baru dilanjutkan dengan membeli botol besar.

Pastikan juga sampo Anda tidak mengandung sulfat. Kenapa? Karena sulfat dapat mengeringkan rambut. Dengan menggunakan sampo bebas sulfat, rambut Anda akan terbebas dari kekeringan. Jika rambut Anda tidak kering, maka rambut pun tidak akan kaku.

Biasanya sampo bebas sulfat mengandung minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, dan lain-lain. Belum tahu merk sampo yang bagus untuk rambut yang kering dan kaku? Baca daftarnya di sini.

2. Lidah Buaya

Aloe Vera

Selain susu, lidah buaya adalah elemen dari alam yang dikenal fungsinya untuk melemaskan rambut. Lidah buaya merupakan kelompok besar 75 nutrisi. Gel lidah buaya memiliki komposisi kimia yang sama dengan keratin, yaitu protein yang membentuk sebagian besar rambut.

Lidah buaya mengandung enzim yang dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut jadi lembut dan jatuh. Semua ini berkat kandungan gel lidah buaya yang mirip dengan komposisi rambut, sehingga gel mudah diserap dan akan langsung bekerja aktif menutrisi sekaligus menyehatkan rambut.

3. Susu

Susu

* sumber: www.birchbox.com

Cara melemaskan rambut yang kaku kali ini menggunakan bahan natural, yaitu susu. Selain bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, susu juga ternyata bisa dipakai untuk perawatan rambut. Susu yang digunakan untuk perawatan sebaiknya berupa susu murni atau susu tawar cair. Akan tetapi, jika Anda mau menggunakan susu bubuk atau susu yang berasa juga tidak apa-apa, hanya saja nanti hasilnya kurang maksimal.

Untuk perawatannya, campurkan terlebih dahulu susu dengan air. Jika susunya satu gelas, maka airnya setengah gelas. Masukkan larutan air dan susu ke dalam botol semprot bersih. Semprotkan larutan tersebut ke rambut kering secara merata. Diamkan selama satu jam, baru keramas atau bilas hingga bersih. Jika tidak ada botol semprot, Anda bisa meratakan larutan air dan susu langsung ke rambut, kok.

4. Kondisioner

Conditioner

* sumber: www.shefinds.com

Setelah keramas, selalu gunakan kondisioner. Mungkin ketika Anda sedang terburu-buru, Anda men-skip kondisioner karena dianggap tidak terlalu penting. Atau mungkin untuk para pria malah tidak pernah menyentuh yang namanya kondisioner sama sekali. Padahal mau pria atau pun wanita sama-sama membutuhkan kondisioner untuk mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur.

5. Masker/Creambath

Creambath

* sumber: cewekbanget.grid.id

Cara melemaskan rambut yang kaku kali ini pasti hobinya cewek-cewek banget, nih. Kalau ke salon, cewek paling sering creambath atau maskeran. Memang, creambath dan masker merupakan cara paling ampuh untuk mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga bisa, kok, creambath dan masker rambut di salon.

Kalau Anda tidak punya waktu untuk pergi ke salon, Anda bisa juga membeli krim creambath atau krim masker dan melakukan perawatan sendiri di rumah. Artikel ini berisi daftar merk masker rambut yang bagus versi Bacaterus. Jika Anda belum tahu cara maskeran rambut sendiri di rumah, baca di sini, ya.

6. Pisang

Pisang cara melemaskan rambut yang kaku

* sumber: www.beautyglitch.com

Siapa suka pisang? Selain enak dimakan, Anda bisa menggunakan pisang untuk melemaskan rambut juga, loh! Biasanya kalau membeli pisang sesisir kadang suka ada yang sudah terlalu matang, kan? Nah, Anda bisa menggunakan pisang yang sudah terlalu matang itu buat merawat rambut. Tapi, kalau mau pakai pisang yang masih bagus juga tidak apa-apa, kok.

Pisang kaya akan karbohidrat, vitamin, minyak alami, dan potasium. Pisang juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas. Dengan menggunakan masker pisang, rambut Anda akan jadi lembab dan terpelihara.

Anda bisa melembutkan pisang dan menambah yogurt/madu ke dalamnya. Jika Anda menggunakan satu buah pisang, maka yogurt atau madunya cukup dua sendok teh saja. Balurkan pasta pisang ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan selama 45 menit sebelum Anda keramas pakai sampo.

Jika tidak sempat kondisioner-an sehabis keramas, Anda bisa beralih ke leave-in conditioner. Produk ini memiliki manfaat yang sama dengan kondisioner, hanya saja lebih praktis karena tidak perlu dibilas. Leave-in conditioner juga bisa Anda pakai pada siang hari atau di sela-sela aktivitas Anda untuk membuat rambut jadi lebih lemas lagi. Ingin tahu merk kondisioner tanpa bilas yang bagus? Baca di sini, ya.

7. Santan

Santan

Biasanya santan dipakai untuk memasak dan membuat desert. Tapi, kali ini santannya akan dipergunakan untuk bagian luar tubuh, yaitu rambut. Santan yang bisa digunakan dalam cara melemaskan rambut yang kaku adalah santan alami yang diperas sendiri, bukan santan instan dalam kemasan, ya. Semakin tua kelapa yang Anda gunakan, maka semakin bagus, karena santan yang dihasilkan jadi lebih kental.

Santan memiliki kandungan lemak nabati yang dapat menutrisi rambut kering dan membuat rambut jadi lembut. Setelah kelapa selesai diperas, Anda sudah bisa langsung menggunakan santannya untuk perawatan. Siram rambut Anda dengan santan dan pijat-pijat lembut kulit kepala Anda. Diamkan selama 1 jam sebelum Anda membilasnya. Lakukan rutin untuk hasil rambut lembut yang permanen, ya.

8. Seledri

Daun Seledri masker wajah alami untuk memutihkan kulit

Menggunakan seledri untuk melebatkan rambut dan membuat rambut jadi hitam berkilau adalah resep nenek moyang kita. Akan tetapi, tahukah Anda kalau seledri juga bagus untuk membuat rambut kaku jadi lemas? Caranya, hancurkan seledri dengan blender, tambahkan sedikit air.

Ambil pasta seledri, lalu balurkan ke seluruh kulit kepala Anda. Jika masih ada sisa, balurkan juga pada seluruh permukaan rambut. Pijat kulit kepala selama beberapa menit agar nutrisi seledri dapat meresap lebih cepat. Diamkan selama 30 menit sebelum Anda membilas rambut.

9. Jeruk Nipis

perasan jeruk nipis

Cara melemaskan rambut yang kaku selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan Vitamin C pada jeruk nipis dapat menutrisi rambut kering dengan sangat baik. Caranya, peras jeruk nipis dan campurkan dengan air secukupnya. Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut Anda. Tapi, hati-hati buat yang kulit kepalanya sedang luka, soalnya nanti perih banget!

10. Serum

Serum

* sumber: www.beautyatlasmag.com

Yang terakhir adalah dengan menggunakan serum. Jika Anda belum familiar dengan serum rambut, produk ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan rambut Anda dalam bentuk liquid berupa minyak. Dengan menggunakan serum rambut setelah keramas atau sebelum proses styling, maka rambut Anda telah terlindungi dari bahaya kerusakan rambut yang mengancam. Ketahui merk serum rambut yang bagus di sini.

10 Tips Melembutkan Rambut yang Kaku untuk Pria dan Wanita yang Mudah kalian lakukan

Itu dia sepuluh cara melemaskan rambut yang kaku dari Bacaterus. Untuk perawatan lanjutan, setelah keramas, keringkan rambut menggunakan handuk saja (jangan pakai hairdryer). Kurangi styling rambut menggunakan alat yang panas atau pun hairspray. Hindarkan rambut dari paparan sinar matahari langsung, Anda bisa menggunakan topi atau shawl jika sedang beraktivitas di luar ruangan. Selamat mencoba!