10 Cara Merawat Rambut Ikal agar Lebih Cantik

10 Cara Merawat Rambut Ikal agar Lebih Cantik – Mempunyai rambut ikal, ditambah lagi yang ikalnya kecil-kecil, memang menyenangkan. Tidak hanya tampak tetap seperti habis di-styling, rambut ikal juga membuat pemiliknya tampak fresh karena rambutnya tidak lepek. Tetapi, itu jika rambutnya dirawat dengan benar.

Menjaga rambut ikal susah-susah gampang, ada trick-nya juga agar rambutnya tidak kusut serta rusak. Tersebut sudah Bacaterus kumpulkan 10 cara menjaga rambut ikal supaya sehat, cantik, serta gampang ditata.

10 Cara Terbaik Merawat Rambut Ikal

1. Pakai Sampo untuk Rambut Keriting

Pakai Sampo untuk Rambut Keriting

Cara merawat rambut ikal yang pertama adalah dengan memakai sampo yang tepat. Iya, Anda tidak bisa sembarangan pakai sampo kalau tidak mau salah kaprah. Ibaratnya, Anda tidak mungkin mencuci baju berbahan sutra pakai sabun colek, kan?

Maka dari itu, rambut keriting perlu mendapatkan perawatan dari sampo yang benar. Ada, kok, produk sampo yang dibuat khusus untuk rambut keriting. Biasanya, sampo khusus rambut keriting dibuat dari bahan-bahan yang lebih “ramah” dan lembut.

2. Pakai Sampo dulu Baru Keramas

 Pakai Sampo dulu Baru Keramas

* sumber: theblondtourage.com

Bingung sama sub judulnya? Kok, sampoan dulu baru keramas? Jadi, maksudnya adalah, Anda mengaplikasikan sampo pada rambut yang kering, baru rambutnya dibasahi. Unik banget, ya?

Teknik ini dapat membersihkan kulit kepala dan rambut lebih baik daripada jika Anda langsung membuat busa dari sampo. Bagian-bagian kulit kepala yang membutuhkan “gosokan” ekstra pun akan lebih terlihat dalam kondisi rambut yang masih kering. Rambut ikal cenderung mudah kusut, kan? Nah, Teknik ini juga berguna untuk mengurangi rambut kusut.

3. Co-Wash

Co-Wash cara merawat rambut ikal

* sumber: www.maneobjective.com

Anda mungkin belum familiar dengan istilah co-wash, tapi di luar negeri teknik ini sudah sering dilakukan. Co-wash adalah singkatan dari conditioner-only washing alias mencuci rambut dengan kondisioner saja tanpa sampo. Tahukah Anda, rambut ikal dan keriting tidak perlu dikeramas sesering rambut lurus? Justru jika Anda terlalu sering keramas, rambut Anda akan jadi rapuh dan renggang. Rambut Anda juga akan mudah kering.

Jadi, kondisioner adalah sahabat Anda. Mungkin terasa aneh jika belum terbiasa, mengaplikasikan kondisioner tanpa sampoan terlebih dahulu. Tapi percayalah, teknik ini sangat bagus untuk rambut ikal Anda.

4. Atau, Kondisioner dulu Baru Keramas

Kondisioner dulu Baru Keramas

* sumber: www.maneobjective.com

Selain teknik co-wash, cara merawat rambut ikal yang benar adalah dengan pakai kondisioner dulu, baru sampo. Jadi urutannya terbalik daripada seharusnya. Teknik ini termasuk treatment sebelum keramas untuk rambut keriting. Teknik ini akan melembutkan, menutrisi, sekaligus melepaskan rambut kusut sebelum Anda keramas. Soalnya, banyak kejadian rambut ikal yang kusut ketika dikeramas, bukan?

Gunakan kondisioner atau conditioning oil sebelum sampoan. Aplikasikan ketika rambut Anda masih kering, ya! Kalau rambut Anda ikal, tebal, dan mengembang, bagi rambut terlebih dahulu menjadi beberapa bagian. Aplikasikan kondisioner menggunakan jari per-helai rambut sambil memisahkan rambut yang kusut (jika ada). Diamkan kondisioner selama sekitar 20 menit, bungkus dengan handuk atau shower cap jika mau.

Setelah itu, bilas kondisioner dengan air hingga bersih. Baru, deh, Anda sampoan! Anda mungkin merasa teknik ini buang-buang waktu, padahal justru dengan begini Anda tidak perlu “berperang” dengan rambut kusut setelah keramas nantinya.

5. Bilas Pakai Air Dingin

mandi bilas rambut cara creambath sendiri

Hobi mandi dan keramas pakai air panas? Hentikan kebiasaan Anda kalau ingin rambut keriting yang sehat dan mudah diatur. Memang, penggunaan air dingin saat keramas tidak terlalu berpengaruh, tapi air dingin dapat menutup kutikel, mengunci kelembaban, mengurangi rambut kusut, dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

6. Sisiran? Pakai Jari Saja!

Sisiran? Pakai Jari Saja!

* sumber: lionesseflatiron.com

Rambut ikal biasanya bermusuhan dengan sisir. Selain karena sering menyangkut dan membuat rambut jadi patah dan rontok, sisir juga membuat rambut ikal jadi terpisah-pisah dan mengembang tidak karuan. Untuk itu, cara merawat rambut ikal yang tepat adalah dengan menyisir pakai jari.

Untuk merapikan rambut dan melepaskan rambut yang saling menyangkut, Anda cukup menggunakan jari-jari tangan saja. Pasalnya, jari tangan jauh lebih lembut daripada ketika Anda men-detangle rambut menggunakan sisir. Mulai lepaskan rambut kusut dari ujung terbawah lalu naik terus ke atas hingga semuanya rapi.

7. Kalau Mau Lebih Rapi, Pakai Sisir yang Tepat

Pakai Sisir yang Tepat

* sumber: www.aduluxe.com

Walaupun sisir jari merupakan cara yang paling aman untuk merapikan rambut, akan ada saatnya Anda membutuhkan sisir sungguhan. Gunakanlah sisir yang giginya renggang. Sisir perlahan-lahan dengan penuh kesabaran.

Akan lebih mudah jika Anda menyisir rambut dalam keadaan basah sesudah keramas. Gunakan sisir bergigi super lebar dan sisir rambut mulai dari satu bagian ke bagian lainnya. Jangan tarik paksa rambut yang kusut kalau tidak mau rambut Anda patah dan rontok.

8. Trik: Bungkus Rambut Semalaman

Bungkus Rambut Semalaman

* sumber: www.yahoo.com

Untuk pemilik rambut ikal alami, khususnya yang ikalnya kecil-kecil, ada trik yang membuat rambut Anda tetap terlihat cantik dan tidak kusut. Caranya adalah dengan melakukan pineapple trick. Seperti namanya, metode ini membutuhkan Anda untuk mengikat seluruh rambut ke atas seperti buah nanas.

Teknik ini akan membuat rambut ikal Anda terlihat cantik hingga berhari-hari setelahnya. Ikat seluruh rambut di atas kepala menggunakan ikatan yang tidak terlalu kencang. Setelah itu, putar dan bungkus rambut dengan kain katun atau T-shirt. Langkah ini akan mengurangi gesekan antara rambut dan sarung bantal ketika tidur, jadi rambut Anda tidak akan kusut saat bangun pada pagi hari.

9. Trik: Pakai Handcream!

Pakai Handcream! cara merawat rambut ikal

* sumber: journal.sociolla.com

Biasanya Anda pakai apa untuk membuat rambut jadi lemas dan mudah diatur? Leave-in conditioner? Minyak rambut? Jika semua produk perawatan rambut Anda sedang habis, Anda bisa juga loh menggunakan barang lain, salah satunya adalah hand cream alias krim tangan.

Tuangkan krim ke telapak tangan, lalu ratakan (tapi jangan sampai krim terserap semua ke tangan, ya!). Lalu, larikan tangan Anda menyusuri rambut dan kulit kepala. Ratakan krim tangan pada rambut Anda, dan rasakan sensasi rambut serta kulit kepala yang lembab dan rambut yang lebih berkilau.

10. Jauhi Panas

Jauhi Panas cara merawat rambut ikal

Cara merawat rambut ikal yang terakhir adalah dengan menjauhi panas, baik alat styling yang panas dan sinar matahari langsung. Jika Anda tidak bisa lepas dari alat styling panas, gunakanlah vitamin rambut sebelum melakukan styling. Jika Anda beraktivitas di luar ruangan gunakan topi, scarf, atau penutup lainnya.

Sudah siap mencoba 10 Cara Merawat Rambut Ikal agar Lebih Cantik?

Selesai sudah pembahasan obatpenumbuhrambut tentang cara merawat rambut ikal. Tips tambahan, gunakan sarung bantal yang lembut (seperti dari bahan satin/sutra) agar tidak membuat rambut Anda kusut dan patah. Kalau Anda tahu tips lainnya, bagikan di kolom komentar, ya!

Semoga artikel yang kami berikan hari ini bermanfaat dan membantu kalian yang memiliki rambut yang ikal. Selamat mencoba 🙂