10 Cara Mengatasi Rambut Kusut Tanpa Rasa Sakit

10 Cara Mengatasi Rambut Kusut Tanpa Rasa Sakit – Rambut kusut tentu membuat frustasi. Tidak cuma yang rambutnya keriting saja, beberapa pemilik rambut lurus banyak juga yang alami permasalahan rambut kusut, terpenting yang rambutnya panjang. Untuk melepas rambut yang kusut perlu perjuangan besar. Tidak hanya menyakitkan, proses pelepasan rambut kusut buang banyaknya waktu.

Bila Anda tidak diduga habis kesabaran di dalam proses melepas rambut kusut, Anda dapat membuat rambut rusak permanen dengan menariknya sekaligus juga sampai rontok. Mujur lah, ada cara menangani rambut kusut hingga bisa meminimalkan perasaan sakit.

Langkah menangani rambut kusut dari Bacaterus ini mencakup alat-alat serta trick spesial, hingga proses melepas rambut kusut juga tidak semenyakitkan seperti dahulu. Tidak cuma itu, Bacaterus akan memberikan panduan untuk mengawasi rambut supaya tidak kusut. Ingin tahu bagaimana triknya? Baca keterangan sedetailnya berikut ini.

10 Cara Mengatasi Rambut Kusut dengan Cepat

1. Pakai Sampo yang Cocok

Sampo

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Dalam cara mengatasi rambut kusut, pertama-tama Anda harus mencari sampo yang cocok terlebih dahulu. Soalnya, sampo merupakan produk perawatan rambut yang digunakan sehari-hari. Jika dari samponya saja tidak cocok dengan rambut Anda, maka rambut Anda akan terus-terusan kusut.

2. Pakai Kondisioner

cara menggunakan conditioner

Cara mengatasi rambut kusut yang ke-2 adalah dengan menggunakan kondisioner setiap habis keramas. Kondisioner berguna untuk melepaskan helaian rambut Anda agar tidak kusut setelah kering. Jika rambut Anda cenderung berminyak, gunakan kondisioner hanya dari tengah ke ujung rambut saja, jangan aplikasikan kondisioner di dekat akar rambut.

Agar kondisioner meresap lebih baik ke dalam rambut, urutan ketika Anda mandi sebaiknya: keramas – kondisioner – sabunan – cuci muka – dll. Pokoknya lakukan kondisioner di awal-awal kegiatan mandi Anda supaya kondisionernya meresap dengan sempurna.

3. Keringkan Rambut dengan Lembut

Keringkan Rambut cara mengatasi rambut kusut

Cara mengatasi rambut kusut yang sepele padahal penting, yaitu mengeringkan rambut. Mungkin sebelumnya Anda tidak pernah memikirkan bagaimana cara Anda mengeringkan rambut. Pokoknya gosok-gosok saja rambut pakai handuk sampai airnya habis.

Padahal, untuk kasus rambut yang sering kusut, Anda sebaiknya tidak menggosok rambut basah dengan handuk. Ketika rambut basah, rambut jadi lebih mudah kusut. Apalagi jika Anda mengeringkan rambutnya asal-asalan. Cara agar rambut tidak kusut setelah keramas adalah dengan menyisir rambut Anda pakai jari ketika menyiram air ke rambut.

Setelah itu, saat akan mengeringkan rambut, tekan-tekan rambut Anda menggunakan handuk daripada menggosokannya. Ada alternatif selain handuk untuk mengeringkan rambut supaya rambut tidak kusut, yaitu pakai T-shirt. Kaos dibuat dari bahan yang lembut, sehingga dapat meminimalisir terjadinya “cekcok” di antara rambut Anda.

4. Sisir yang Tepat

Sisir cara mengatasi rambut kusut

Untuk mengatasi rambut kusut yang tepat, Anda membutuhkan sisir yang tepat juga. Pisahkan rambut kusut Anda dengan sisir bergigi jarang (lihat gambar). Hindari menggunakan sisir sikat dan sisir bergigi rapat karena dapat membuat rambut jadi patah bahkan rontok.

Jika rambut Anda sering kusut, Anda wajib pakai sisir seperti ini, terutama jika Anda akan menyisir rambut dalam keadaan basah. Ketika Anda akan memulai menyisir, mulailah dari ujung rambut dulu. Di sana lah sumber kekusutan berasal. Setelah ujung rambut lurus dan rapi, barulah Anda semakin naik-naik-naik hingga ke akar. Lakukan dengan penuh kesabaran, ya.

Ada juga produk sisir khusus untuk membantu merenggangkan rambut yang kusut, yaitu detangling brush namanya. Biasanya sisir detangling dibuat dari karet/plastik lembut. Sisir ini didesain secara khusus untuk melepaskan rambut kusut tanpa sakit sama sekali.

Jika sisir gigi jarang bagus untuk menyisir rambut basah, detangling brush dianjurkan untuk menyisir rambut kusut dalam keadaan kering. Anda dapat membeli sisir detangling di situs belanja terpercaya Lazada dengan menekan link ini.

5. Produk Detangling Hair

Detangling Hair

Untuk memudahkan proses pelepasan rambut kusut, Anda bisa menggunakan produk detangling hair juga. Biasanya produk ini berbentuk cair di dalam botol spray, tapi ada juga yang bentuknya krim (ini biasanya dipakai oleh orang dengan rambut super keriting).

6. Sering Sisiran

Sering Sisiran

* sumber: www.mariefranceasia.com

Tips mengatasi rambut kusut adalah dengan sering sisiran. Rambut yang cenderung kusut biasanya akan mudah kusut lagi dalam beberapa jam saja. Untuk itu, setidaknya Anda perlu sisiran hingga tiga kali sehari, yaitu sebelum beraktivitas, di tengah aktivitas, lalu saat akan tidur.

Misalnya, setelah mandi pagi Anda sisiran (jika Anda keramas, maka sisiran juga sebelum keramas). Lalu siang harinya, saat istirahat, Anda membenarkan rambut dan menyisirnya lagi. Terakhir sisiran lah sebelum Anda pergi tidur.

Ketika rambut kusut Anda sudah dilepaskan pakai sisir gigi jarang atau detangling brush, selanjutnya Anda bisa pakai soft bristle brush (sisir berbulu lembut). Sisir ini cocok untuk yang rambutnya panjang, lurus, dan mudah kusut. Walaupun sisirnya lembut, Anda tetap harus pelan-pelan saat menyisirkannya pada rambut, ya!

7. Gunakan Sarung Bantal Khusus

Gunakan Sarung Bantal Khusus

Solusi mengatasi rambut kusut yang terakhir ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Ternyata sarung bantal juga berpengaruh besar pada kondisi rambut Anda. Jika setiap bangun tidur Anda mengalami lion hair, alias rambut yang seperti rambut singa, mungkin ini saatnya Anda mengganti sarung bantal Anda.

Jangan gunakan sarung bantal yang dibuat dari katun, apalagi kalau katunnya kasar. Lebih baik Anda menggunakan sarung bantal dari sutera atau satin. Bahan seperti ini tidak kasar pada rambut, sehingga saat bangun tidur nanti rambut Anda tidak akan kusut. Tidak percaya? Coba pakai sarung bantal sutera, dan buktikan sendiri hasilnya. Untuk membeli sarung bantal sutera di Lazada, klik link ini, ya.

8. Pakai Minyak Esensial

Pakai Minyak Esensial

* sumber: www.doctorshealthpress.com

Mungkin Anda berpikir minyak esensial itu hanya diperlukan untuk relaksasi saja. Padahal, rambut yang dipakaikan minyak esensial itu bagus, loh! Minyak, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak zaitun, minyak alpukat, minyak almond, minyak argan, minyak lavender, dan minyak-minyak lainnya bisa Anda pakai untuk merenggangkan rambut kusut.

Tak hanya itu, minyak esensial juga akan menutrisi rambut Anda supaya jadi lembab, lemas, mudah diatur, dan berkilau. Gunakan minyak esensial pada rambut setengah kering. Oleskan menggunakan jari Anda pada area helaian rambut kusut yang mau Anda lepaskan. Sedikit saja pakainya, ya, kalau kebanyakan takutnya rambut Anda malah terlihat lepek.

9. Jangan pakai Produk Beralkohol

Jangan pakai Produk Beralkohol

* sumber: bluh2osalon.com

Supaya rambut tidak kaku dan mudah kusut, hindari menggunakan produk kecantikan dan perawatan rambut yang mengandung alkohol. Mungkin Anda sudah tahu kalau alkohol itu dapat mengeringkan rambut Anda. Apalagi jika rambut Anda cenderung mudah kusut, alkohol bisa membuatnya lebih buruk.

Makanya, sebelum menggunakan produk rambut, cek dulu bahan pembuatnya. Kalau bisa, gunakan produk yang dibuat dari bahan-bahan alami, atau setidaknya memiliki kandungan minyak esensial agar rambut tidak kering. Dan, tentunya pastikan produk tersebut terbebas dari alkohol dan sulfat.

10. Perawatan Rambut

Yoghurt masker rambut creambath

Solusi mengatasi rambut kusut yang ke-7 adalah dengan rutin melakukan perawatan rambut. Tak perlu ke salon, Anda bisa melakukan masker rambut sendiri di rumah, atau creambath juga boleh. Anda bisa juga melakukan perawatan rambut dengan cara alami seperti yang pernah Bacaterus bahas di artikel 10 Cara Melemaskan Rambut yang Kaku.

10 Cara Merawat Rambut Kusut dengan Baik di Rumah

Ya, itulah 10 cara mengatasi rambut kusut dengan cepat dan tanpa rasa sakit dari Bacaterus. Ingat, ya, yang Anda lakukan itu memisahkan rambut, bukan menarik rambut! Jadi, jangan tiba-tiba kehilangan kesabaran dan menarik rambut kusut secara paksa.

Selain akan mematahkan rambut, bisa saja rambut Anda jadi rontok dari akarnya. Jika Anda tahu tips lainnya untuk mengatasi rambut rontok, bagikan di kolom komentar di bawah ini, ya. Semoga informasi yang obatpenumbuhrambutberikan hari ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut yang kusut dan kasar.