19 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Mudah

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Tiap-tiap orang tentu ingin mempunyai rambut yang indah serta menarik. Sayangnya, rambut rontok bikin hasrat itu cuma jadi angan-angan saja. Karena, rambut yang rontok dapat mengakibatkan rambut jadi tidak tebal serta tak indah. Untuk kamu yang alami permasalahan itu, tak perlu cemas. Karena ada sangat banyak langkah menangani rambut rontok secara alami serta ampuh yang dapat kamu kerjakan.

Memanglah sekarang ini ada cukup banyak obat rambut rontok yang di jual di market. Walau demikian, memakai bahan alami pastinya tambah lebih aman dari pada kamu menggunakan obat rontok yang terbuat berbahan kimia bukan?

Bahan alami pastinya semakin lebih ampuh tanpa ada meninggalkan resikonya yang beresiko pada badan. Buat kamu yang sekarang ini tengah menangani permasalahan rambut rontok baik ini yang kronis serta terlalu berlebih, berikut ini yaitu cara-cara menangani rambut rontok dengan bahan tradisional yang cukup ampuh serta cepat.

19 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Mudah

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1. Kemiri

Sudah menjadi rahasia umum jika kemiri memang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menyehatkan rambut, menghitamkan dan mengatasi kerontokkan. Hal ini tentu saja karena kandungan dalam kemiri yang bisa membuat akar rambut jadi lebih kuat dan sehat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kemiri
Caranya, kamu sangrai kemiri yang sebelumnya sudah ditumbuk kasar. Selanjutnya, kamu tumbuk kembali kemiri sampai mengeluarkan minyak. Nah, minyak kemiri tersebutlah yang akan kamu usapkan pada rambu lalu bersihkan ketika mandi dengan shampo supaya rambut kamu bersih kembali.

2. Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini ternyata sangat ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut kulit kepala. Untuk mengaplikasikannya, kamu harus membasahi rambut terlebih dahulu lalu biarkan hingga kering.
Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya
Selanjutnya, kamu balurkan lendir lidah buaya pada rambut serta kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu kamu bersihkan rambut dengan air. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu.

3. Yogurt

Cara mengatasi rambut rontok parah pada wanita sebenarnya tidak begitu sulit. Apalagi jika kamu memanfaatkan yogurt untuk mengatasinya. Selain bisa dikonsumsi, ternyata yogurt memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia.
Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Yogurt
Salah satunya adalah mengatasi masalah kerontokkan pada rambut. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan yogurt pada kulit kepala lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, kamu bersihkan dan lakukan cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali setiap minggu untuk hasil terbaik.

4. Buah Alpukat

Khasiat buah alpukat di dunia kecantikan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Masker rambut yang terbuat dari buah alpukat memiliki kandungan protein yang sangat ampuh untuk memberikan nutrisi pada rambut dan menguatkannya. Disamping itu, buah alpukat juga memiliki khasiat untuk merangsang pertumbuhan rambut.
Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Buah Alpukat
Tidak mengherankan jika buah ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok bagi para wanita muslimah yang berjilbab. Pengaplikasiannya sangat mudah, kamu hanya perlu menghaluskan buah alpukat. Lalu balurkan pada kulit dan rambut kemudian diamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya, kamu bilas menggunakan shampo supaya bersih.

5. Bawang Putih

Cara selanjutnya adalah dengan memakai bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang mengandung sulfur cukup tinggi. Cara mengatasi rambut rontok dan kering menggunakan bawang putih ini bisa kamu lakukan sendiri dirumah.
Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Putih
Cara menggunakannya, kamu hanya perlu menghaluskan bawang putih agar bisa dibalurkan secara langsung pada kulit kepala dan rambut hingga merata seperti masker rambut. Diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan shampo sampai rambut kamu bersih kembali. Cukup mudah bukan? Ya! Menang sesimple itu.

6. Minyak Esensial

Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Minyak Esensial
Kamu juga bisa mengatasi rambut rontok menggunakan minyak esensial. Cara mengatasi rambut rontok ini sangat mudah karena kamu hanya perlu membalurkan secara merata minyak esensial pada kulit dan rambut kepala. Dengan melakukan cara ini secara rutin selama 2 kali dalam seminggu, maka rambut kamu akan terbebas dari masalah kerontokkan.

7. Jahe

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Jahe
Menariknya, jahe ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok. kamu bisa menghaluskan jahe lalu campurkan dengan sedikit air. Selanjutnya, oleskan pada kulit dan rambut kepala kamu lalu biarkan selama beberapa menit. Jika sudah, bersihkan rambut kamu secara merata dengan menggunakan shampo.

8. Teh Hijau

Banyak pula orang yang mencari tahu tentang cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Karena setelah melahirkan, biasanya wanita akan mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan. Hal inilah yang membuat wanita yang baru melahirkan mengalami masalah rambut rontok.

Karena ibu yang baru melahirkan harus menyusui, tentunya menggunakan cara alami untuk mengatasi masalah rambut ini sangatlah dianjurkan. Oleh sebab itu, menggunakan teh hijau bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik untuk mengobati rambut rontok.
Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan dengan Teh Hijau
cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat ini sangatlah mudah karena kamu hanya perlu membuat minuman teh hijau seperti biasa. Lalu diamkan sampai dingin. Jika sudah adem, kamu basuhkan pada seluruh rambut lalu biarkan selama kurang lebih 1 jam kemudian bilas menggunakan air dan shampo.

9. Santan

Santan selain bisa digunakan untuk membuat aneka masakan ternyata memiliki khasiat untuk merawat rambut agar tidak mudah rontok. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral alami dalam santan kelapa seperti kalsium, vitamin B, protein, zat besi dan lain sebagainya yang dapat menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut.


Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria dan Wanita Menggunakan Santan
Cara mengatasi rambut rontok pada pria dan wanita menggunakan santan memang sangat ampuh dan mudah. Pasalnya, kamu hanya perlu mengoleskan santan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat secara merata. Biarkan sekitar 1 jam lalu kamu bersihkan dengan air dingin.

10. Jeruk Nipis

Selain bisa digunakan untuk merawat kulit wajah, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut yang mengalami kerontokkan. Cara mengatasi rambut rontok secara tradisional menggunakan jeruk nipis sangat mudah, kamu hanya perlu mengiris jeruk nipis lalu balurkan pada kulit kepala. Lalu, kamu diamkan selama 15 menit.
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Tradisional dengan Jeruk Nipis
Selanjutnya, kamu bersihkan menggunakan air dingin hingga bersih. Tidak hanya bisa mengatasi rambut rontok, jeruk nipis juga bisa membantu kamu dalam menghilangkan ketombe.

11. Kentang

Kentang memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk menyehatkan rambut dan mencegah kerontokkan. Tak hanya itu, kentang juga dapat menjaga kelembaban rambut, menghitamkan sekaligus mengkilaukan rambut. Caranya adalah dengan membuat masker kentang.
Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan dengan Kentang
Masker kentang dibalurkan pada kulit dan rambut kepala secara rutin setelah mandi. Dengan menggunakan masker rambut alami ini, maka memiliki rambut yang indah dan sehat bukan hanya sekedar impian.

12. Bawang Merah

Cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang merah. Mungkin bagi sebagian orang memanfaatkan bawang merah tergolong aneh. Tapi perlu diketahui bahwa cara ini sangat efektif untuk mengatasi rambut rontok.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri. Dimana selama ini, bakteri tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya masalah rambut rontok. Tak hanya itu, bawang merah juga kaya akan sulfur.
Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Bawang Merah
Sulfur dapat memperkuat folikel rambut sehingga rambut rontok bisa segera diatasi. Rambut rontok yang cukup parah sekalipun bisa diatasi oleh bawang merah secara efektif. Kamu bisa menghaluskan bawang merah menggunakan blender atau ulekan lalu campurkan dengan sedikit air (jangan sampai terlalu encer). Olesi rambut kamu dengan bawang merah yang sudah dihaluskan tersebut lalu biarkan selama 30 menit dan bersihkan.

13. Fenugreek

Cara mengatasi rambut rontok dan kering yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memakai fenugreek. Bagi kamu yang belum tahu, fenugreek adalah salah satu jenis biji-bijian yang memiliki khasiat dalam mengatasi rambut rontok secara cepat. Pasalnya, fenugreek mengandung asam nikotinik dan protein yang dapat memicu pertumbuhan rambut.

Disamping itu, biji-bijian fenugreek juga mengandung hormon antecedents yang dapat menjaga sel folikel rambut agar tetap sehat serta tidak mudah rontok. Cara Pemakaian adalah kamu rendam biji tersebut dengan air semalaman lalu tiriskan biji fenugreek dan haluskan.
Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering dengan Fenugreek
Balurkan biji fenugreek yang sudah dihaluskan pada kulit kepala lalu diamkan sekitar 40 menit. Jika sudah, kamu bersihkan rambut menggunakan air dingin.

14. Indian Gooseberry (Buah Malaka atau Melaka)

Selanjutnya adalah dengan menggunakan Indian Gooseberry. Bahan herbal ini memang sudah terkenal di dunia sebagai penguat rambut. Pasalnya, Indian Gooseberry atau didaerah kita yang disebut dengan Melaka ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati rambut rontok.
Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Cepat Menggunakan Buah Melaka
Tak hanya itu, bahan alami ini juga memiliki sifat antioksidan, anti-bakteri, eksfoliate dan anti-inflamasi yang dapat menghilangkan bakteri yang bisa membuat sel folikel rambut teriritasi. Cara penggunaannya, kamu oleskan sari Indian Gooseberry pada area kulit kepala dan diamkan semalaman. Di pagi hari, kamu cuci rambut dengan shampo dan air agar bersih.

15. Minyak Lavender

Minyak yang memiliki aroma menenangkan ini ternyata berkhasiat untuk mengobati rambut rontok. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dalam minyak lavender yang dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut.
Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan dengan Minyak Lavender
Cara Pemakaian adalah, kamu oleskan minyak lavender beberapa tetes pada telapak tangan. Lalu balurkan minyak lavender tersebut pada kulit kepala secara merata dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya, kamu bersihkan rambut dengan shampo dan air bersih.

16. Daun Neem (Intaran)

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Daun Intaran atau Neem
Daun Neem mengandung antijamur dan antibakteri yang dapat menghilangkan jamur dan bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada kulit kepala. Cara penggunaannya, kamu haluskan daun Neem dengan air lalu balurkan pada kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

17. Minyak Zaitun

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung vitamin E, asam lemak tak jenuh dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk mengatasi rambut rontok. Cara pengaplikasiannya adalah kamu oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan biarkan selama 1 jam lalu cuci rambut hingga bersih.

18. Madu

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Madu
Madu bisa membantu kamu mengatasi rambut rontok sekaligus menguatkan rambut. Caranya, kamu campurkan madu dengan air. Lalu usapkan pada kulit kepala dan diamkan selama setengah jam dan bersihkan.

19. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat juga bisa membantu kamu mengatasi rambut rontok. Ubahlah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi protein dan vitamin yang mencukupi. Dengan begitu, rambut akan semakin kuat dan sehat.

Sekian beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.